Senin, 05 September 2016

MENJADI LEBIH BAIK



MENJADI LEBIH BAIK


Setidaknya ada dua semangat yang perlu terus dipupuk dan dihidupkan dalam diri kita, agar setiap hari yang kita lalui membawa kita pada kondisi yang lebih baik. Hari ini yang kita lalui menjadi lebih baik daripada hari kemarin.

1.        Semangat untuk memperbaiki diri.

Jadikan semangat ini menghiasi hari-hari kita.Dengan semangat ini, kita sangat senang dan berterima kasih kepada siapapun yang telah memberi kritik dan koreksi sepedas apapun, karena bagi dirinya itu merupakan rezeki yang tak ternilai. Tidak pernah sungkan untuk bertanya dan meminta pendapat kepada siapapun, dalam rangka mengevaluasi dan mencari kekurangan diri, sehingga membuat diri kita sangat cepat berubah dalam memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.

Semangat ini tidak akan menghinakan  dan merugikan diri, tetapi Insya Allah orang lain justru lebih mencintai dan menghormati orang yang mau mendengar dan menerima kritikan. Daripada orang yang sibuk membela diri dan menimpakan kesalahan kepada orang lain.

2.      Semangat untuk menuntut ilmu,menambah pengetahuan dan pengalaman.
Sediakan waktu, anggaran dan  tenaga khusus untuk meningkatkan dan menambah ilmu sehingga wawasan menjadi semakin luas, pengetahuan kian dalam. Semua ini akan memperbaiki kualitas kita dalam berbicara, menambah kearifan dalam memutuskan, dan kian bijak dalam bertindak.
Bila bekerja, dengan kedua semangat  ini, kita akan senantiasa mengerjakannya dengan persiapan dan perencanaan  yang matang dan bertanggung-jawab. Membuat lingkungan kerja “tertulari” semangat kerja yang luar biasa, etos kerja yang positif, dan semuanya kita kerjakan dengan keikhlasan, sebagai salah satu bentuk ibadah kita. ***                      

Tidak ada komentar: