Selasa, 01 November 2016

OBAT PENAWAR KECEMASAN

OBAT PENAWAR KECEMASAN

          MASALAH pokok yang mungkin kerap kita hadapi adalah kecemasan. Kecemasan adalah pangkal yang melahirkan banyak cabang. Dari soal kecemasan bisa lahir perbuatan-perbuatan buruk, penurunan prestasi, prasangka buruk, konflik, kejenuhan, dan lain-lain. Jika masalah ini berhasil diatasi dengan baik, Insya Allah cabang-cabangnya juga akan terselesaikan.

      Kita sering cemas karena takut kehilangan peluang, takut gaji dipotong, takut dimarahi istri, takut anak-anak celaka, takut dimusuhi teman-teman, takut karier terganggu, dan sebagainya. Mungkin masih bisa dimaklumi jika keburukan-keburukan itu benar-benar terjadi. Tapi anehnya kita juga takut untuk apa-apa yang belum terjadi. Ini semua berpangkal pada belum mantapnya keyakinan kita bahwa segala kejadian yang menimpa mutlak datangnya dari Allah.

          Jika kita yakin bahwa segala sesuatu, baik berupa kebaikan atau keburukan, terjadi karena izin Allah, maka kita tidak perlu cemas. Jika semua itu sudah ditakdirkan terjadi, kita pasti tidak akan bisa mengelak, walau dengan cara apa pun. Sebaliknya jika hal itu telah ditakdirkan tidak terjadi, dia tidak akan sampai menyentuh kulit kita. Kecemasan kita tidak mempengaruhi takdir Allah. Takdir itu pasti akan terjadi, tidak peduli apakah kita cemas atau tidak. Rasullah SAW bersabda: Dan ketahuilah, sekiranya umat manusia sepakat hendak memberi sesuatu kebaikan padamu, maka mereka tak akan bisa memberi kebaikan padamu kecuali sekadar yang sudah ditakdirkan Allah bagimu. Jika mereka berkumpul untuk menimpakan sesuatu keburukan padamu, maka tidak akan menimpamu kecuali apa yang telah ditakdirkan Allah bagimu.(HR. At Tirmidzi).

Tidak ada komentar: